STRATEGI PROSES
Strategi proses
adalah suatu upaya perusahaan dalam menjalankan dan melaksanakan aktivitasnya
untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumennya. Untuk perusahaan jasa
kerjasama antar marketing dan operasional sangat penting dalam proses ini,
terutama dalam melayani segala kebutuhan dan keinginan pelanggan (konsumen)
secara tepat dan cepat.
Bagaimana cara
perusahaan menyampaikan jasa yang dijual sampai pada konsumen yang membeli atau
terkait dengan proses penyampaian jasa.
Pada bisnis jasa laundry Clean and Fresh (CNF) untuk menciptakan jasa
yang dibutuhkan konsumen diperlukan waktu selama 2 hari dalam proses penciptaan
jasa. Karyawan bertugas untuk melayani segala keinginan dan kebutuhan pelanggan
(konsumen) yang ingin menggunakan jasa laundry yang saya dirikan dengan cepat
dan tepat serta memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen agar konsumen
merasa puas dengan jasa yang diberikan. Kepuasan pelanggan sangat berpengaruh
terhadap bisnis yang saya jalankan kerena apabila pelanggan merasa puas maka
pelanggan tersebut akan kembali lagi untuk menggunakan jasa laundry Clean and
Fresh (CNF).
Pada proses
penciptaan jasa laundry, karyawan bertugas untuk mencuci pakaian kotor
pelanggan agar pakaian tersebut menjadi bersih dan selanjutnya disetrika dan
ditata rapi sehingga siap untuk digunakan atau dipakai kembali oleh konsumen.
Proses menciptakan jasa laundry tersebut setidaknya membutuhkan waktu sekitar 2
hari untuk menjadi pakaian kotor menjadi bersih kembali.
Bisnis jasa
laundry Clean and Fresh (CNF) dalam menyampaikan jasa yang ditawarkan kepada
konsumen melalui penyebaran brosur kepada mahasiswa dan masyarakat sekitar Kota
Malang. Dimana masyarakat tersebut biasanya memiliki kesibukan di luar rumah
sehingga kebanyakan dari mereka banyak yang menggunakan jasa laundry untuk
efisiensi waktu mereka.
Manajemen Kualitas Jasa
Pada bisnis jasa
laundry Clean and Fresh (CNF) yang saya bangun memiliki beberapa dimensi
kualitas jasa, diantaranya adalah :
1. Tangible (bentuk fasilitas fisik)
Penampilan dan kemampuan sarana prasarana fisik harus dapat
diandalkan. Tersedianya fasilitas fisik, perlengkapan, dan sarana komunikasi
serta yang lainnya dapat dan harus ada dalam proses jasa.
a. Peralatan yang modern
Peralatan yang digunakan pada bisnis jasa laundry Clean and Fresh
(CNF) yang utama adalah mesin cuci. Disini mesin cuci sangat berperan penting
dalam proses menciptakan jasa laundry, karena segala aktivitas menciptakan jasa
tidak lepas dari peran penting mesin cuci. Bisnis jasa laundry Clean and Fresh
(CNF) membutuhkan beberapa mesin cuci (kurang lebih 4 buah mesin cuci) untuk
proses penciptaan jasa. Mesin cuci yang digunakan memiliki fasilitas pengering
langsung tanpa memindahkan baju yang telah dicuci ke mesin pengering sehingga
dapat menghemat waktu dan tenaga.
b. Fasilitas yang menarik
Dalam bisnis jasa laundry Clean and Fresh (CNF) fasilitas yang
disediakan hanya jasa pencucian pakaian namun saya memberikan pelayanan yang
baik untuk menarik konsumen agar menggunakan jasa yang saya tawarkan. Saya juga
memberikan fasilitas berupa kupon cuci gratis setelah 5X mencuci di CNF, hal
ini saya lakukan sebagai strategi untuk menarik konsumen untuk menggunakan jasa
laundry CNF.
2. Reability (Kehandalan).
Kemampuan memberikan pelayanan sesuai dengan yang dijanjikan secara
akurat dan terpercaya. Yang terdiri dari :
a. Memberikan pelayanan sesuai janji.
Saya memberikan pelayanan jasa sesuai dengan janji yang disepakati
antar kedua belah pihak. Biasanya prosesnya berlangsung kurang lebih 2 hari.
Sehingga dalam waktu 2 hari pelanggan bisa datang untuk mengambil pakaian
mereka atau pihak saya (karyawan) yang mengantar ke tempat pelanggan, sesuai
dengan kesepakatan di awal.
b. Pertanggungjawaban tentang penanganan konsumen akan masalah
pelayanan.
Kami memberikan tanggungjawab apabila terjadi masalah dalam
pemberian jasa laundry apabila masalah yang terjadi karena kelalaian kami.
Namun hal itu berlaku selama 2 jam selebihnya kami sudah tidak bertanggungjawab
atas masalah yang ada. Misalnya adanya pakaian yang luntur, dll.
c. Memberikan pelayanan yang baik pada saat kesan pertama.
d. Memberikan pelayanan tepat waktu sesuai janji yang telah
disepakati.
3. Responsiveness (Tanggapan).
Pada bisnis jasa laundry Clean and Fresh (CNF) membantu konsumen
dalam memberikan pelayanan jasa secara cepat dan tepat serta siap menangani
respon permintaan para konsumen semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan yang
ada.
4. Assurance (Jaminan)
Bisnis jasa laundry Clean and Fresh (CNF) memberikan pelayanan yang
baik kepada konsumen. Dengan cara :
5.
Emphaty (Empati)
Memberikan
perhatian yang bersifat individual kepada pengguna dan berusaha untuk memahami
keinginan dan kebutuhan pemakai.
STRATEGI LINGKUNGAN FISIK
Strategi ini
merupakan suatu hal yang secara nyata turut mempengaruhi keputusan konsumen,
untuk membeli dan menggunakan produk jasa yang ditawarkan. Unsur-unsur yang
termasuk di dalam physical environment atau lingkungan phisik adalah bangunan
fisik, perabotan atau peralatan, perlengkapan, logo, warna dan barang-barang
lainnya yang disatukan dengan service yang diberikan seperti tiket, sampul,
label, dan lain sebagainya. Selain itu atmosfer dari perusahaan yang menunjang
seperti visual, aroma, suara, tata ruang, dan lain-lain.
Pada bisnis jasa
laundry Clean and Fresh (CNF) dalam penataan interiornya membutuhkan ruangan
yang tidak terlalu luas, namun bisa memuat beberapa mesin cuci serta memiliki
tempat yang nyaman untuk melakukan proses penciptaan jasa laundry misalnya
tempat khusus untuk menyetrika pakaian serta tempat untuk meletakkan pakaian
yang siap diambil agar tidak tercampur lagi dengan pakaian yang belum diproses
(dilaundry). Untuk bisnis jasa laundry, dalam penataan ruangnya cukup simple
karena untuk menciptakan jasa, yang bekerja adalah karyawan dan konsumen atau
pelanggan tidak terlibat langsung didalamnya sehingga ruangan yang dibutuhkan
hanya ruangan untuk memproses jasa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar