Selasa, 04 Juni 2013

PEMASARAN JASA III



STRATEGI PROSES

            Strategi proses adalah suatu upaya perusahaan dalam menjalankan dan melaksanakan aktivitasnya untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumennya. Untuk perusahaan jasa kerjasama antar marketing dan operasional sangat penting dalam proses ini, terutama dalam melayani segala kebutuhan dan keinginan pelanggan (konsumen) secara tepat dan cepat.
            Bagaimana cara perusahaan menyampaikan jasa yang dijual sampai pada konsumen yang membeli atau terkait dengan proses penyampaian jasa.  Pada bisnis jasa laundry Clean and Fresh (CNF) untuk menciptakan jasa yang dibutuhkan konsumen diperlukan waktu selama 2 hari dalam proses penciptaan jasa. Karyawan bertugas untuk melayani segala keinginan dan kebutuhan pelanggan (konsumen) yang ingin menggunakan jasa laundry yang saya dirikan dengan cepat dan tepat serta memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen agar konsumen merasa puas dengan jasa yang diberikan. Kepuasan pelanggan sangat berpengaruh terhadap bisnis yang saya jalankan kerena apabila pelanggan merasa puas maka pelanggan tersebut akan kembali lagi untuk menggunakan jasa laundry Clean and Fresh (CNF).
            Pada proses penciptaan jasa laundry, karyawan bertugas untuk mencuci pakaian kotor pelanggan agar pakaian tersebut menjadi bersih dan selanjutnya disetrika dan ditata rapi sehingga siap untuk digunakan atau dipakai kembali oleh konsumen. Proses menciptakan jasa laundry tersebut setidaknya membutuhkan waktu sekitar 2 hari untuk menjadi pakaian kotor menjadi bersih kembali.
            Bisnis jasa laundry Clean and Fresh (CNF) dalam menyampaikan jasa yang ditawarkan kepada konsumen melalui penyebaran brosur kepada mahasiswa dan masyarakat sekitar Kota Malang. Dimana masyarakat tersebut biasanya memiliki kesibukan di luar rumah sehingga kebanyakan dari mereka banyak yang menggunakan jasa laundry untuk efisiensi waktu mereka.



Manajemen Kualitas Jasa

            Pada bisnis jasa laundry Clean and Fresh (CNF) yang saya bangun memiliki beberapa dimensi kualitas jasa, diantaranya adalah :
1. Tangible (bentuk fasilitas fisik)
Penampilan dan kemampuan sarana prasarana fisik harus dapat diandalkan. Tersedianya fasilitas fisik, perlengkapan, dan sarana komunikasi serta yang lainnya dapat dan harus ada dalam proses jasa.
a. Peralatan yang modern
Peralatan yang digunakan pada bisnis jasa laundry Clean and Fresh (CNF) yang utama adalah mesin cuci. Disini mesin cuci sangat berperan penting dalam proses menciptakan jasa laundry, karena segala aktivitas menciptakan jasa tidak lepas dari peran penting mesin cuci. Bisnis jasa laundry Clean and Fresh (CNF) membutuhkan beberapa mesin cuci (kurang lebih 4 buah mesin cuci) untuk proses penciptaan jasa. Mesin cuci yang digunakan memiliki fasilitas pengering langsung tanpa memindahkan baju yang telah dicuci ke mesin pengering sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga.
b. Fasilitas yang menarik
Dalam bisnis jasa laundry Clean and Fresh (CNF) fasilitas yang disediakan hanya jasa pencucian pakaian namun saya memberikan pelayanan yang baik untuk menarik konsumen agar menggunakan jasa yang saya tawarkan. Saya juga memberikan fasilitas berupa kupon cuci gratis setelah 5X mencuci di CNF, hal ini saya lakukan sebagai strategi untuk menarik konsumen untuk menggunakan jasa laundry CNF.
2. Reability (Kehandalan).
Kemampuan memberikan pelayanan sesuai dengan yang dijanjikan secara akurat dan terpercaya. Yang terdiri dari :
a. Memberikan pelayanan sesuai janji.
Saya memberikan pelayanan jasa sesuai dengan janji yang disepakati antar kedua belah pihak. Biasanya prosesnya berlangsung kurang lebih 2 hari. Sehingga dalam waktu 2 hari pelanggan bisa datang untuk mengambil pakaian mereka atau pihak saya (karyawan) yang mengantar ke tempat pelanggan, sesuai dengan kesepakatan di awal.
b. Pertanggungjawaban tentang penanganan konsumen akan masalah pelayanan.
Kami memberikan tanggungjawab apabila terjadi masalah dalam pemberian jasa laundry apabila masalah yang terjadi karena kelalaian kami. Namun hal itu berlaku selama 2 jam selebihnya kami sudah tidak bertanggungjawab atas masalah yang ada. Misalnya adanya pakaian yang luntur, dll.
c. Memberikan pelayanan yang baik pada saat kesan pertama.
d. Memberikan pelayanan tepat waktu sesuai janji yang telah disepakati.
3. Responsiveness (Tanggapan).
Pada bisnis jasa laundry Clean and Fresh (CNF) membantu konsumen dalam memberikan pelayanan jasa secara cepat dan tepat serta siap menangani respon permintaan para konsumen semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan yang ada.
4. Assurance (Jaminan)
Bisnis jasa laundry Clean and Fresh (CNF) memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen. Dengan cara :
*      Karyawan memberi jaminan berupa kepercayaan diri kepada konsumen.
*      Membuat konsumen merasa aman saat menggunakan jasa laundry CNF.
*      Karyawan yang sopan.
5. Emphaty (Empati)
Memberikan perhatian yang bersifat individual kepada pengguna dan berusaha untuk memahami keinginan dan kebutuhan pemakai.
*        Memberikan perhatian individu kepada konsumen CNF.
*        Mengerti keinginan konsumen CNF.








STRATEGI LINGKUNGAN FISIK
           
            Strategi ini merupakan suatu hal yang secara nyata turut mempengaruhi keputusan konsumen, untuk membeli dan menggunakan produk jasa yang ditawarkan. Unsur-unsur yang termasuk di dalam physical environment atau lingkungan phisik adalah bangunan fisik, perabotan atau peralatan, perlengkapan, logo, warna dan barang-barang lainnya yang disatukan dengan service yang diberikan seperti tiket, sampul, label, dan lain sebagainya. Selain itu atmosfer dari perusahaan yang menunjang seperti visual, aroma, suara, tata ruang, dan lain-lain.
            Pada bisnis jasa laundry Clean and Fresh (CNF) dalam penataan interiornya membutuhkan ruangan yang tidak terlalu luas, namun bisa memuat beberapa mesin cuci serta memiliki tempat yang nyaman untuk melakukan proses penciptaan jasa laundry misalnya tempat khusus untuk menyetrika pakaian serta tempat untuk meletakkan pakaian yang siap diambil agar tidak tercampur lagi dengan pakaian yang belum diproses (dilaundry). Untuk bisnis jasa laundry, dalam penataan ruangnya cukup simple karena untuk menciptakan jasa, yang bekerja adalah karyawan dan konsumen atau pelanggan tidak terlibat langsung didalamnya sehingga ruangan yang dibutuhkan hanya ruangan untuk memproses jasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar