Selasa, 04 Juni 2013



Strategi Penetapan Harga
            Pada bisnis jasa laundry CNF (Clean and Fresh) dalam strategi penetapan harga menggunakan metode penetapan harga berbasis persaingan karena banyaknya bisnis jasa laundry yang ada membuat semakin ketatnya persaingan dalam berbisnis. Oleh karena itu dalam menetapkan harga saya menggunakan metode penetapan harga berbasis persaingan yang mana dalam metode ini memiliki tujuan menarik konsumen untuk menggunakan jasa laundry yang saya tawarkan. Misalnya saya memberikan kupon cuci gratis pada 20 pelanggan pertama di awal bulan, strategi ini diterapkan untuk mengundang konsumen agar menggunakan jasa laundry CNF. Produk penglaris ini dijual dengan dsar persediaan terbatas karena hanya berlaku selama persediaan masih ada dan hanya untuk 20 pelanggan pertama yang datang saja.
Strategi Promosi Jasa
            Pada bisnis jasa laundry CNF (Clean and Fresh) dalam memperkenalkan dan memasarkan produk jasanya menggunakan strategi promosi jasa dalam bentuk Promosi penjualan yaitu mempromosikan atau memperkenalkan produk jasa laundry kepada masyarakat sekitar terutama masyarakat sekitar kota Malang hal ini dilakukan karena bisnis jasa laundry CNF (Clean nad Fresh) didirikan di kota Malang dan target utamanya adalah mahasiswa. Oleh karena itu untuk memperkenalkan produknya saya memberikan brosur kepada masyarakat atau mahasiswa di sekitar kampus, dengan tujuan agar produk jasa laundry bisa dikenal sehingga masyarakat menggunakan jasa yang saya tawarkan. Selain itu, dalam mempromosikan jasa laundry CNF, saya juga menjalin hubungan baik dengan masyarakat (public relation) untuk memperoleh dukungan, membangun citra bisnis jasa laundry CNF (Clean and Fresh) agar bisnis yang saya bangun dapat berkembang dan berjalan lancar, selain itu bisa juga melalui pemasaran langsung kepada pelanggan untuk memperoleh tanggapan langsung atau umpan balik guna mengingkatkan pertumbuhan bisnis jasa laundry CNF (Clean and Fresh).



  
Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia (Sumber Daya Insani)
            Dalam mengembangkan sumber daya manusia di dalam bisnis jasa laundry CNF (Clean and Fresh) ini, saya memberikan pelatihan kepada karyawan untuk mengembangkan SDM (Sumber Daya Manusia) yang ada serta menggali kemampuan yang ada di dalam diri karyawan tersebut agar karyawan dapat bekerja maksimal serta memiliki kecakapan dalam bekerja. Hal ini perlu dilakukan karena untuk menciptakan produk yang berkualitas tidak lepas dari peran serta SDM/ karyawan. SDM berperan penting dalam setiap kegiatan yang dilakukan, SDM yang berkualitas akan menghasilkan produk yang berkualitas pula oleh karena itu perlu diadakan pelatihan atau training untuk memperoleh SDM yang berkualitas demi kemajuan dan perkembangan suatu bisnis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar