Strategi Penetapan Harga
Pada bisnis jasa
laundry CNF (Clean and Fresh) dalam strategi penetapan harga menggunakan metode
penetapan harga berbasis persaingan karena banyaknya bisnis jasa laundry
yang ada membuat semakin ketatnya persaingan dalam berbisnis. Oleh karena itu
dalam menetapkan harga saya menggunakan metode penetapan harga berbasis
persaingan yang mana dalam metode ini memiliki tujuan menarik konsumen untuk
menggunakan jasa laundry yang saya tawarkan. Misalnya saya memberikan kupon
cuci gratis pada 20 pelanggan pertama di awal bulan, strategi ini diterapkan
untuk mengundang konsumen agar menggunakan jasa laundry CNF. Produk penglaris
ini dijual dengan dsar persediaan terbatas karena hanya berlaku selama
persediaan masih ada dan hanya untuk 20 pelanggan pertama yang datang saja.
Strategi
Promosi Jasa
Pada bisnis jasa
laundry CNF (Clean and Fresh) dalam memperkenalkan dan memasarkan produk jasanya
menggunakan strategi promosi jasa dalam bentuk Promosi penjualan yaitu
mempromosikan atau memperkenalkan produk jasa laundry kepada masyarakat sekitar
terutama masyarakat sekitar kota Malang hal ini dilakukan karena bisnis jasa
laundry CNF (Clean nad Fresh) didirikan di kota Malang dan target utamanya
adalah mahasiswa. Oleh karena itu untuk memperkenalkan produknya saya
memberikan brosur kepada masyarakat atau mahasiswa di sekitar kampus, dengan
tujuan agar produk jasa laundry bisa dikenal sehingga masyarakat menggunakan
jasa yang saya tawarkan. Selain itu, dalam mempromosikan jasa laundry CNF, saya
juga menjalin hubungan baik dengan masyarakat (public relation) untuk
memperoleh dukungan, membangun citra bisnis jasa laundry CNF (Clean and Fresh)
agar bisnis yang saya bangun dapat berkembang dan berjalan lancar, selain itu
bisa juga melalui pemasaran langsung kepada pelanggan untuk memperoleh
tanggapan langsung atau umpan balik guna mengingkatkan pertumbuhan bisnis jasa
laundry CNF (Clean and Fresh).
Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia (Sumber Daya Insani)
Dalam
mengembangkan sumber daya manusia di dalam bisnis jasa laundry CNF (Clean and
Fresh) ini, saya memberikan pelatihan kepada karyawan untuk mengembangkan SDM
(Sumber Daya Manusia) yang ada serta menggali kemampuan yang ada di dalam diri
karyawan tersebut agar karyawan dapat bekerja maksimal serta memiliki kecakapan
dalam bekerja. Hal ini perlu dilakukan karena untuk menciptakan produk yang
berkualitas tidak lepas dari peran serta SDM/ karyawan. SDM berperan penting
dalam setiap kegiatan yang dilakukan, SDM yang berkualitas akan menghasilkan
produk yang berkualitas pula oleh karena itu perlu diadakan pelatihan atau
training untuk memperoleh SDM yang berkualitas demi kemajuan dan perkembangan
suatu bisnis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar